Ketahui Cara Dalam Menyambung Fitting Pipa

  • Whatsapp
Fitting Pipa

Pipa merupakan benda yang dibutuhkan saat ingin mengalirkan air atau bahan lain yang bersifat cair. Sebagai bahan sambungan anda membutuhkan fitting pipa, sebagaimana fitting dalam industri garmen yang berfungsi untuk menyocokkan ukuran baju agar sesuai dengan pemakainya. Fitting pipa juga memiliki fungsi yang sedikit sama dengan fitting baju. Jika anda ingin mengalirkan air dan sedikit berlekuk – lekuk maka anda membutuhkan penyambung pipa dan fitting pipa jawabanya.

Desain fitting pipa sudah disesuaikan dengan kebutuhan anda. Bahan untuk membuat fitting pipa pun cukup beragam anda bisa menggunakan bahan jenis PVC hingga bahan galvanis. Namun, adanya perbedaan bahan juga menyebabkan perbedaan proses pemasangannya. Jika anda memilih pipa dengan bahan PVC maka anda bisa menyambungkannya dengan perekat seperti lem hingga cara ulir. Namun, jika anda menggunakan pipa berbahan dasar besi serta galvanis anda harus menggunakan las.

Fitting pipa yang cukup sering digunakan yakni pipa Tee Y. Pipa Tee Y berguna jika anda ingin menyambungkan beberapa pipa sekaligus menjadi satu arah. Biasanya pipa jenis ini menghadirkan satu input dengan dua output serta kebalikannya yakni dua input dengan satu output.

Selain pipa jenis Tee Y anda juga bisa memilih fitting pipa jenis Caps and Plugs, jenis pipa ini sebenarnya cukup sama namun yang membedakan yakni proses pemasangan pipa. Caps merupakan bagian yang berguna untuk menutup bagian pipa dan menahan air tidak mengalir. Sedangkan jenis plugs masih tetap sama untuk menutup pada bagian ujung dari pipa namun anda harus memasang stopper terlebih dahulu. Jika anda ingin kepraktisan dari segi bentuk, anda bisa memilih caps meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama.

Fitting pipa juga tergantung pada jenis bahan pembuat pipa serta ukuran pipa. Jenis bahan pembuat pipa yang cukup dikenali yakni jenis pipa logam serta pipa non logam. Perbedaannya, pada pipa logam terbuat dari logam serta memiliki saluran aliran yang cukup besar dan biasanya digunakan pada lapisan bawah tanah. Umumnya dikenal dua kelompok dari jenis pipa ini yakni kelompok ferous serta non ferrous. Pipa selanjutnya yakni jenis pipa non logam yang bisa dipakai untuk kapasitas aliran yang besar namun tidak bisa menahan beban yang berat.

Anda bisa mendapatkan fitting pipa di toko bangunan yang berada di dekat rumah anda. Salah satu perusahaan yang cukup dikenal memproduksi fitting pipa yakni Rucika. Rucika menyediakan berbagai jenis fitting pipa untuk keperluan sistem aliran air bersih. Anda bisa mendapatkan pipa union socket, faucet elbow, tee, caps and plug, flange, socket, hingga jenis valve yang berguna untuk mengendalikan aliran air. Bahkan sebagai brand pipa air terbesar, produk pipa air Rucika menggunakan bahan-bahan berkualitas ditambah penggunaan teknologi canggih sehingga ini menjadi kualitas yang diberikan sangatlah baik.

Namun, pastikan kembali di mana Anda harus cermat memilih jenis yang tepat untuk kebutuhan fitting pipa anda. Semoga artikelnya ini bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply