Salah satu tantangan terberat yang dihadapi seorang fresh graduate pasca lulus dan sudah masuk dunia kerja adalah finansial. Mulai dari besaran gaji hingga cara mengaturnya. Nggak jarang, sebagai fresh graduate mungkin kamu bakal bingung: gaji udah gede, kok masih nggak bisa nabung? Atau gaji masih kecil, tapi keinginan buat hedon selalu tak terbendung, bagaimana ya cara mengatasinya?

Nah, supaya tantangan finansial ini bisa teratasi dengan baik, kamu tentunya perlu banyak belajar dan berlatih mengenai pengaturan keuangan. Caranya yang pertama adalah dengan mengenali permasalahan keuangan yang kamu hadapi lebih dulu. Secara garis besar, umumnya fresh graduate mengalami 5 masalah finansial berikut. Apakah kamu salah satunya?

Gaji masih minim namun sulit menolak keinginan atau ajakan untuk hedon

Karena belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni dan terbilang baru, rata-rata fresh graduate biasanya memiliki gaji yang masih minim. Dalam artian, gaji tersebut minimal sesuai UMP atau lebih sedikit dari UMP. Namun, untuk beberapa profesi di bidang tertentu, ada juga fresh graduate yang memang dibayar cukup tinggi seperti IT dan perminyakan

Yang menjadi masalah adalah gaji masih minim dan pas untuk hidup satu bulan, tapi keinginan maupun ajakan untuk hedon kerap datang bertubi-tubi. Baik dari rekan kantor maupun circle pertemanan. Akhirnya, karena susah nolak, keuangan jadi berantakan dan perlu cari pinjaman tunai di tanggal tua.

Solusinya: buat anggaran keuangan untuk penghasilanmu setiap bulan dengan formula 50-30-20. 50% untuk kebutuhan wajib atau primer seperti transport dan makan, 30% untuk kebutuhan hiburan (hedon) dan juga cicilan, 20% untuk asuransi dan tabungan. Usahakan untuk disiplin dan tidak melanggar bujet yang sudah ditentukan. Kalau 30% dari total penghasilan hanya cukup untuk biaya hangout sebulan dua kali, maka kamu perlu pintar memilih mana keinginan yang bisa dipenuhi dan ajakan yang bisa diiyakan.

Kerap ditolak bank dalam hal pengajuan kartu kredit

Mulai dari syarat minimum penghasilan yang tidak mencukupi hingga belum punya skor kredit umumnya menjadi penyebab dari ditolaknya pengajuan kartu kredit dari orang yang berstatus fresh graduate. Padahal, dengan adanya kartu kredit, bisa memudahkan transaksi sekaligus bisa cicilan. Tapi, kalau ditolak terus?

Solusinya: kamu dapat mencoba fasilitas kredit sekaligus pinjaman tunai online dari Kredivo. Kredivo merupakan fintech kredit digital yang telah terdaftar di OJK sejak tahun 2018 yang menawarkan dua layanan tersebut dalam aplikasinya. Limit yang bisa diberikan Kredivo juga nggak kalah dengan kartu kredit perbankan: maksimal bisa sampai Rp 30 juta.

Selain itu, persyaratan daftarnya juga gampang banget buat fresh graduate: minimum usia 18 tahun, memiliki penghasilan tetap minimum Rp 3 juta sebulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Cukup dengan download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kamu sudah bisa daftar Kredivo. Plus, proses approvalnya hanya memakan waktu 1 x 24 jam, lho.

Terlalu sering menggesek tunai kartu kredit

Ini biasanya dilakukan dalam kondisi kepepet seperti kehabisan uang di tanggal tua. Padahal, ini bukan fungsi dari kartu kredit, lho. Bahkan, ilegal untuk dilakukan. Selain berisiko pada keamanan data hingga terjadi penipuan, gesek tunai kartu kredit juga memiliki suku bunga dan potongan biaya admin yang nggak main-main.

Solusinya: dengan adanya fintech kredit online yang bisa pinjaman tunai sekaligus seperti Kredivo, kamu dapat menggunakan limit kredit sesuai kebutuhan tanpa harus takut dibayang-bayangi risiko keamanan atau suku bunga yang tinggi. Kredit online dengan Kredivo dapat dilakukan di 250+ merchant online dan offline yang sudah bermitra dengan Kredivo: Shopee, Tokopedia, Erafone, IKEA, Tiket.com, dan masih banyak lagi. Sementara untuk pinjaman tunai, Kredivo menyediakan fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo langsung di aplikasinya bagi pengguna yang mau mencairkan limit menjadi pinjaman.

Untuk pinjaman tunai online, Kredivo hanya mengenakan suku bunga angsuran sebesar 2,95% per bulan. Sementara opsi tenor yang tersedia mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Kamu dapat mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu hingga puluhan juta, sesuai dengan limit yang dimiliki.

Terlena dengan hanya satu sumber penghasilan saja

Mulai dari terperangkap di zona nyaman hingga malas mengeksplorasi bidang atau keahlian lain biasanya menjadi alasan dari seorang fresh graduate hanya puas dan bertumpu pada sumber penghasilan saja. Padahal, kebutuhan akan semakin meningkat. Bukan pilihan bijak jika hanya berharap pada bonus atau persentase kenaikan gaji untuk meningkatkan penghasilan.

Solusinya: kamu bisa mengeksplorasi peluang lain seperti pekerjaan freelance yang bisa dilakukan pada akhir pekan, hingga membangun usaha sampingan sendiri di bidang yang kamu minati. Kalau modal belum cukup, bisa juga ajak teman untuk kolaborasi!

Selalu sulit menabung

Sudah niat dan menyisihkan uang untuk ditabung, ujung-ujungnya selalu tergoda untuk menggunakannya buat hal lain. Atau merasa belum mampu menabung karena penghasilan sudah habis untuk kebutuhan hidup. Lalu, harus bagaimana?

Solusinya: nggak melulu soal besar kecil penghasilan, menabung adalah soal komitmen dan disiplin. Nggak harus banyak, asal konsisten dilakukan per bulan maka kamu sudah bisa punya tabungan. Untuk lebih memotivasi kamu menabung, kamu bisa tentukan tujuannya lebih dulu. Misal: tabungan untuk liburan. Kemudian, gunakan fitur tabungan berjangka dengan sistem autodebet pada tanggal tertentu. Dengan begitu, tabungan jadi aman!