Mengingat Pontianak berpredikat sebagai ibu kotanya bagi provinsi Kalimantan Barat, maka tak heran juga jika perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakatnya begitu baik. Bahkan, destinasi wisata di Pontianak juga begitu tertata rapih lho. Itu sebabnya, mengapa kota yang satu ini selalu menjadi pusat perhatian bagi para pelancong lokal maupun luar negeri. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai objek wisata paling hits yang ada di kota Pontianak. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  1. Rumah Betang Radakng

 Objek wisata paling hits pertama di Pontianak yang wajib kalian kunjungi, yaitu Rumah Betang Radakng. Rumah ini merupakan rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat, yang dibangun oleh pemerintah kota setempat. Lokasi Rumah Betang Radakng itu sendiri bisa kamu jumpai di Jl. Sultan Syahir, Kota Baru, Pontianak. Menurut informasi  yang didapat, Rumah Betang Radakng ini merupakan rumah suku Dayak yang terpanjang di Indonesia lho. Bagaimana tidak! sebab panjang rumahnya mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter.

Rumah tersebut terdiri dari 3 bagian, yakni pante (teras), ruang selasar yang biasa digunakan untuk berkumpul seluruh anggota keluarga, dan ruang tidur. Material Rumah Betang Radakng terbuat dari bahan kayu ulin yang dihiasi dengann ukiran dan lukisan khas Dayak, yang juga kerap digunakan sebagai tempat latihan atau pertunjukan seni Dayak lainnya.

  1. Taman Alun-alun Kapuas

Selain Rumah Betang Radakng, Taman Alun-alun Kapuas juga termasuk salah satu objek wisata terpopuler di kota Pontianak, terlebih untuk kalangan anak muda. Tak hanya berfungsi sebagai jalur transportasi air, bagian tepi sungai Kapuas ini sering dimanfaatkan sebagai taman untuk rekreasi keluarga. Taman Alun-alun Kapuas ini kerap ramai ketika menjelang sore hingga makam hari, karena keindahannya lebih terpancar saat makam tiba.

Taman tersebut memiliki luas sekitar 3 hektar, yang mempunyai replica Tugu Khatulistiwa di salah satu sudutnya. Bukan hanya itu, terdapat pula deretan bangku yang tersusun rapi sehingga bisa kamu gunakan untuk bersantai-santai sambil menikmati keindahan sekitar. Ketika perut mulai keroncongan, maka disekitar tama nada banyak sekali pedagang-pedagang yang menjajakan beragam kuliner.

  1. Aloe Vera Center

Dari namanya saja sudah sangat jelas, dimana Aloe Vera Center ini merupakan tempat budidaya tanaman lidah buaya yang beralamat  di Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Ketika berada di Aloe Vera Center, maka kamu bisa melihat berbagai tanaman lidah buaya berukuran besar. Pasalnya, setiap pelepahnya bisa mencapai berat hingga 1.2 kg lho! Selain itu, kamu juga dapat melihat proses pengolahan tanaman lidah buaya untuk dijadikan beragam jenis makanan seperti dodol, permen, dan tepung.

  1. Pantai Pasir Panjang

Objek wisata paling hists di Pontianak berikutnya yang wajib kalian kunjungi, yaitu bernama Pantai Pasir Panjang. Disini kamu benar-benar akan disuguhi oleh pemandangan alam yang luar biasa berupa air jernih kebiruan, hamparan pasir putih, dan deretan pohon. Adapun mengenai beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan disini seperti berenang, voli, memancing, berselancar, dan sebagainya.

Itulah beberapa objek wisata paling hits di Pontianak yang tentu saja wajib kalian kunjungi. Nah, bagi kalian yang ingin pesan tiket pesawat Pontianak Jakarta secara online dengan harga murah, silahkan kunjungi situs e-commerce yang bernama Blibli.com.